Friday 17 October 2014

Seberapa Besar Peran Mocaf Dalam Mensubtitusi Tepung Terigu

Upaya pemerintah dalam mengatasi ketahanan pangan terus dilakukan dengan memanfaatkan umbi-umbian sebagai salah satu bahan yang dapat menunjang ketahanan pangan. Tepung mocaf adalah salah satu produk yang dapat mengantikan tepung terigu selain karena bahan baku yang melimpah dengan harga yang relatif rendah produk yang dihasilkan dari olahan tepung mocaf tidak kalah baik jika dibandingkan dengan olahan yang berbasis dari tepung terigu. Upaya pemerintah mengenjarkan ketahanan pangan nasional dengan memanfaatkan bahan dalam negeri seperti umbi-umbian memberikan peluang besar bagi para petani khususnya petani singkong. Secara tidak langsung perekonomian petani menjadi lebih baik jika dibandingkan kita terus-terusan dimanjakan dengan eksport gandum yang saat ini mencapai 6,2 juta matric ton. Seberapa besarkah tepung mocaf dapat mensubtitusi tepung terigu kita lihat pada tabel di bawah ini:

Dari data subtitusi tepung mocaf terhadap tepung terigu menunjukkan tepung mocaf dapat menggantikan tepung terigu 100 % pada beberapa olahan makanan. Namun tepung mocaf tidak dapat menggantikan 100 % pada olahan mie dan roti hanya sekitar 20-30 % pada mie dan 10-20 pada roti tawar. Jika dilihat dari data statistik penggunaan tepung mocaf dari berbagai olahan. Tepung mocaf dapat dijadikan subtitusi tepung terigu, kalau saja pada industri mie bersekala besar dapat mensubtitusi sampai 30 % maka kita dapat menekan penggunaan terigu. Dengan begitu import gandung dapat berkurang. Oleh karena itu mari kita upayakan produk dalam negeri dengan memanfaatkan kekayaan yang ada dinegeri ini dengan beralih menggunakan tepung yang bebas gluten seperti tepung mocaf.

1 comment:

  1. Saya pernah membeli tepung mocaf dari anda. Skrg ingin menghubuni anda tp no flexi sdh tdk bisa dihubungi. Bisa sms no yg baru ke 08128746880?

    ReplyDelete