Tuesday 19 July 2011

Manfaat Timun Bagi Tubuh Kita

Kulit merupakan anggota tubuh yang membutuhkan perawatan lebih. Hal ini dilakukan agar kita terlihat cantik dan segar. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keindahan kulit diantaranya olahraga secara teratur, pemakaian kosmetik, minum air yang cukup, dan istirahat yang teratur.

Untuk merawat kulit, kita tidak harus memakai kosmetik yang mahal, kita dapat memanfaatkan bahan-bahan disekitar kita misalnya saja mentimun. Mentimun banyak kita jumpai disekitar kita selain harganya yang murah mentimun mengandung zat-zat yang berguna bagi kulit kita. Di dalam mentimun terdapat vitamin C dan sejenis asam (caffeic acid) yang dapat meredakan iritasi kulit dan mengurangi bengkak. Kulit mentimun yang keras banyak mengandung serat serta berbagai macam mineral diantaranya silika (silikon dioksida), potasium, dan magnesium.


Silika pada mentimun adalah komponen penting bagi kesehatan jaringan ikat termasuk diantaranya otot, tendon, ligamen, tulang rawan, dan tulang. Jus mentimun juga sering dianjurkan untuk menambah asupan silika guna memperbaiki kesegaran dan kesehatan kulit. Di tambah dengan kandungan airnya yang banyak sehingga sangat baik bagi kesegaran kulit. Secara khusus mentimun digunakan untuk mengatasi masalah kulit diantaranya kantong mata, dan kulit terbakar akibat sengatan matahari.
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengaplikasikan kandungan manfaat mentimun ke dalam kulit kita. Diantaranya kita dapat langsung memakainya dengan cara diiris secara tipis kemudian ditempelkan langsung pada kulit kita, atau lebih efisiennya kita bentuk jus yaitu:
1. Siapkan mentimun segar
2. Siapkan ¼ mengkuk yogurt
3. Tambahkan 1 sdt jus lidah buaya
4. Berikan sedikit garam laut
Kemudian apkikasikan pada kulit kita, diamkan selamat kurang lebih 5-10 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Dengan itu maka kulit kita akan terlihat lebih segar.

No comments:

Post a Comment